Jumat, 23 Maret 2018

Peran Komite dalam Pembelajaran Daur Ulang Sampah

Pak Aswadi, S.Pd, M.Pd selaku Ketua Komite sekolah hari ini Jum'at, 23 Maret 2018 memberikan materi dalam pembelajaran tentang "Daur Ulang Sampah Anorganik" sekaligus memfasilitasi kegiatan pembelajaran. Kegiatan ini merupakan kemitraan sekolah dan komite sekolah sebagai salah program Adiwiyata.

Aswadi, S.Pd, M.Pd

Pak Aswadi, S.Pd, M.Pd selaku Ketua Komite sekolah hari ini Jum'at, 23 Maret 2018 memberikan materi dalam pembelajaran tentang "Daur Ulang Sampah Anorganik" sekaligus memfasilitasi kegiatan pembelajaran. Kegiatan ini merupakan upaya sekolah dan komite sekolah yang saling mendukung sebagai mitra dalam membangun pendidikan di SD Negeri Kandangan Kota 1 dan program Adiwiyata pada khususnya.

Program Sekolah Adiwiyata yang bertujuan mewujudkan warga sekolah yang bertanggung jawab dalam upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup melalui tata kelola sekolah yang baik untuk mendukung pembangunan berkelanjutan. Salah satu programnya berupa meningkatkan peran komite sekolah dalam membangun kemitraan untuk pembelajaran lingkungan hidup dan upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup.

antusias peserta didik dalam pembelajaran LH

Program yang dilaksanakan di Aula SDN Kandangan Kota 1 ini berjalan sukses lanjar. Peserta pembelajaran terdiri dari peserta didik kelas IVa, IVb, Va dan Vb SD Negeri Kandangan Kota 1.

Materi Pembelajaran "Daur Ulang Sampah"


Daur ulang merupakan proses menjadikan bahan bekas menjadi bahan baru dengan maksud mencegah sampah yang sebenarnya sehingga hasilnya menjadi sesuatu barang baru yang berguna, mengurangi penggunaan bahan baku yang baru. 

Sampah anorganik adalah sampah yang dihasilkan dari bahan-bahan non hayati baik berupa produk sinterik maupun hasil teknologi pengelolahan bahan tambang atau sumber daya alam dan tidak dapat diuraikan oleh alam. Contohnya seperti: plastik bekas bungkus makanan, botol plastik bekas tempat air mineral, koran bekas, dan lain-lain.

Proses Daur Ulang Sampah Botol Mineral


Pembelajaran "Daur Ulang Sampah Anorganik" ini mempraktekkan bagaimana membuat tempat pensil, tempat handphone dan tabungan dari botol bekas minuman.

Bahan dan Alat:

  1. Botol bekas minuman
  2. Kain flanel
  3. Cutter
  4. Gunting
  5. Lem tembak

Cara Membuat 

  1. Botol dipotong menggunakan cutter sesuai ukuran yang ditentukan.
  2. Lapisi permukaan botol dengan kain flanel sebagai alas/latar tempelkan menggunakan lem.
  3. Hiasi tempat pensil, tempat handphone atau tabungan dengan kain flanel atau pita sesuai bentuk dan warna yang diinginkan. Tempel menggunakan lem.
Kegiatan pembelajaran ini dengan harapan peserta didik mampu mengelola sampah, sehingga mereka bertanggung jawab dalam upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup di sekolah, di rumah atau di masyarakat sekitar mereka.

badaruzzaman

Penulis & Editor

Salah satu Guru Kelas di SD Negeri Kandangan Kota 1 yang aktif sebagai blogger sejak 2011. Blog pribadi: www.dasarguru.com

0 komentar:

Posting Komentar