Sabtu, 17 Maret 2018

Seni Tari



Seni Tari merupakan salah satu kegiatan ekstrakurikuler di SD Negeri Kandangan Kota 1. Kegiatan ini menjadi wadah bagi peserta didik untuk menyalurkan bakat mereka. Selain itu dengan kesenian ini menyiapkan mereka menjadi manusia yang berkepribadian.

M. Ilham

Bapak M. Ilham - Pembina Seni Tari

Kegiatan ekstrakurikuler Seni Tari dilaksanakan rutin pada sore Senin. Dibina oleh Pak M. Ilham. Sehari-hari Beliau sebagai Guru Kelas di kelas 2, tepatnya mengajar Kelas IIA di SD Negeri Kandangan Kota 1. Peserta didik tidak diwajibkan untuk mengikuti kegiatan ini, tapi tidak boleh untuk kelas VI yang sepanjang tahun mempersiapkan diri untuk Ujian Nasional.

Tujuan Seni Tari

Pendidikan seni tari bertujuan untuk memberi kesempatan kepada peserta didik untuk berekspresi, berapresiasi, berkreasi, membentuk harmoni, dan menciptakan keindahan. Mereka dapat membekali diri dengan pengetahuan, keterampilan, dan perilaku yang dapat mereka gunakan untuk membantu memecahkan permasalah hidup sehari-hari. Pendidikan seni tari juga dapat mengembangkan kepribadiannya.
Pendidikan seni tari diharapkan mampu memfasilitasi dan mengakomodir keberagaman masing-masing individu peserta didik maupun keragaman budaya masing-masing daerah, serta budaya nasional dalam rangka menyikapi arus globalisasi. Pendidik dapat membentuk kelompok dalam performan terhadap lagu daerah, sehingga akan membantu peserta didik untuk berinteraksi, berkomunikasi, dan menumbuhkan sikap toleransi sesama mereka. Strategi ini dapat memberikan pengalaman dan kesadaran, serta kepedulian peserta didik akan keberagaman kultur, dan akhirnya akan mengurangi prasangka terhadap etnis sesama peserta didik atau etnis kelompok lain. Sehingga dengan pengurangan prasangka justru akan menumbuhkan sikap terbuka dan terjalinnya kerjasama, serta iklim kultur yang positif.
Pendidikan seni tari dapat merangsang peserta didik untuk berkreativitas. Yaitu kreatif dalam berkreasi dengan berbagai gerak-gerak yang bervariasi. Aktivitas-aktivitas demikian tidak hanya membentuk kreativitas di bidang seni tari saja, tetapi dapat mengembangkan pola pikir kreatif yang sangat berguna untuk menjalani hidup di masa depan.

Prestasi Seni Tari SDN Kandangan Kota 1

Tahun 2017 pada ajang FL2SN Tim Tari SDN Kandangan Kota 1 meraih juara I ditingkat Kabupaten.
Tahun 2018 Pembina dan Tim Tari sedang dalam persiapan untuk mengikuti FL2SN tingkat Kabupaten.
Semoga tahun ini sukses di tingkat Provinsi. Mohon doa pada semua. Aamiin.

badaruzzaman

Penulis & Editor

Salah satu Guru Kelas di SD Negeri Kandangan Kota 1 yang aktif sebagai blogger sejak 2011. Blog pribadi: www.dasarguru.com

0 komentar:

Posting Komentar